Connect With Us

 

KRITIK & SARAN

Sejarah HMTK

Berdirinya Program Studi S-1 Teknik Kimia pada periode dasawarsa 1960-an,

mahasiswa Teknik Kimia mulai kesulitan mengeluarkan aspirasi dalam hal

perkuliahan maupun segala sesuatu yang terkait administrasi dan lain – lain

dengan birokrasi jurusan, fakultas, maupun universitas.

Read more

Visi dan Misi HMTK 2015

Visi : Mewujudkan HMTK 2015 yang harmonis dan dinamis sebagai sarana

pengembangan diri dalam riset teknologi serta pribadi yang berkarakter dengan

berlandaskan iman dan taqwa demi terwujudnya Tri Darma Perguruan Tinggi

Read more

Beasiswa BCA Finance Peduli 2015

11745572 917251885020786 1773105609761557352 nProgram Beasiswa BCA Finance Peduli 2015 merupakan program yang dibuat oleh Bank BCA khusus untuk mahasiswa S1 yang kurang mampu, tetapi kaya akan prestasi. Kuota Beasiswa BCA Finance Peduli 2015 hanya untuk 80 Mahasiswa terbaik dan akan dibiayai oleh Beasiswa BCA Finance Peduli 2015 selama 8 semseter
Total beasiswa pada tahun 2015 sebesar 1.51 Milyar.
Foto Pamplet beasiswa bca inance peduli 2015

Read more: Beasiswa BCA Finance Peduli 2015

Teknik Kimia Peduli 2015

TKP 1    TKP 3

TKP 2

Pada bulan Mei-Juni 2015 telah diadakan acara Teknik Kimia Peduli 2015 yang ditujukan kepada Mahasiswa Teknik Kimia Undip, warga Desa Mluweh, serta siswa SDN Desa Mluweh. Kegiatan yang mengusung tema “Saling memberi, Berbakti, Memberi Arti” ini diadakan di Desa Mluweh, Kecamatan Ungaran Timur, Semarang.

 

Kegiatan ini terdiri dari Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan (10 Mei 2015). Bentuk kegiatannya berupa pemberian bantuan berupa sembako dan pemeriksaan gratis. Acara ini dihadiri sekitar 80 warga Desa Mluweh. Kegiatan selanjutnya adalah Bakti Lingkungan dan Create Product. Kegiatan ini berupa bersih-bersih Desa Mluweh dilanjutkan dengan pemuatan pupuk organik dan selai kulit pisang yang bertujuan untuk menanamkan jiwa cinta lingkungan serta memberikan pengetahuan tentang teknologi sederhana dan  mengoptimalisasi sumber daya yang ada di Desa Mluweh. Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan acara puncak yaitu Bakti Pendidikan (9 Juni 2015) yang dihadiri oleh seluruh siswa-siswi SDN Desa Mluweh serta mahasiswa Teknik Kimia Undip. Pada Bakti Pendidikan ini HMTK Undip bekerjasama dengan biro Al-Fikri, Kinetika, Oxygen-16, club CESTR, CEEC, Chemetrad, Unsur, CHEERS, dan juga dengan Himpunan Mahasiswa Kedokteran Umum (HIMAKU) Undip. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari pihak sponsorship (PKPU Semarang). 

 

Secara keseluruhan kegiatan ini berlangsung dengan baik. HMTK Undip mengucapkan terimakasih atas seluruh pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam acara ini. Teknik kimia Jaya!

 

 

 

 

Diskusi Ilmiah (DI)

DI 1

Diskusi Ilmiah Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa(PKM) 5 Bidang diadakan

pada hari Minggu tanggal 14 Juni 2015 dengan pembicara yaitu Roqy Haedar(2010) dan Fahmi Arifan, ST, M.Eng. Acara ini dihadiri oleh 43 peserta. Dengan susunanacara absensi, pembukaan, diskusi Ilmiah, sesi tanya jawab dan penutupan. Materi pertama disampaikan oleh Roqy Haedar tentang PKM 5 bidang. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yangdibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan danKebudayaan Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimilikimahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmudan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Tentunya dalam menghasilkan sebuah PKM ada kendala-kendala seperti kurangnya ide, kesibukan dan belum menemukan waktu yang tepat untuk mengirim PKM. Ide dalam PKM sendiri tidak harus baru, sah-sah saja untuk memodifikasi penelitian yang sudah ada seperti misalnya alat filter air. Hak milik produksi dari PKM ada pada perorangan, bagi yang mau melanjutkan untuk seterusnya bisa diterapkan dalam masyarakat untuk kesejahteraan bersama.

 

Materi kedua disampaikan oleh Fahmi Arifan, ST, M.Eng, membahas tentang jenis-jenis PKM. PKM memiliki 7 jenis kegiatan yakni PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan, Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-M), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI), dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT).PKM-P merupakan program penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penentu mutu produk, menemukan hubungan sebab-akibat antara 2 atau lebih faktor. Outputnya adalah publikasi.PKM-T adalah program bantuan teknologi atau manajemen atau lainnya. PKM-K adalah program pengembangan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada profit. Outputnya adalah memberikan suatu nilai produk.PKM-Mprogram bantuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya peningkatan kinerja, membangun keterampilan usaha, penataan dan perbaikan lingkungan, penguatan kelembagaan masyarakat dll.PKM-KC adalah program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem, desain, model/barang atau prototype dan sejenisnya. Outputnya adalah draft paten.PKM-AI adalah program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan mahasiswa dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukannya.PKM-GTadalah program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari ide tau gagasan kelompok mahasiswa.

 

 

Page 1 of 26

Website resmi

Teknik Kimia Universitas Diponegoro

http://tekim.undip.ac.id/

Sistem Informasi Akademik FT

(SIA-FT) Universitas Diponegoro

https://sift.undip.ac.id/login.php

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia